FEDERALISME AMERIKA SERIKAT

Hal yang paling penting dari karakteristik sistem politik Amerika adalah pembagian kewenangan antara pemerintahan federal dan pemerintah negara bagian. Pemerintahan United States yang pertama, berdasarkan Article of Confederation merupakan gabungan dari negara-negara Amerika. Akan tetapi, muncul ketidakpuasan dari beberapa kalangan terhadap Artikel Konfederasi. Hasilnya adalah munculnya system federal pada tahun 1787 yang dibuat di Philadelphia, dimana terdapat dua kedaulatan yakni pemerintah federal dan pemerintah negara bagian. Sistem ini digunakan untuk melindungi negara-negara Amerika yang telah ada sebelumnya dan bermaksud untuk mempertahankan kedaulatan mereka, dan membangun sebuah pemerintahan pusat yang efektif.

Ditinjau dari perkembangan sejarahnya, terdapat 3 era yang menjelaskan perkembangan federalisme ini, dimana masing-masing era memiliki penerjemahan berbeda antara hubungan pemerintah federal dan pemerintah negara bagian. Bentuk awalnya merupakan persatuan (Union) dimana masih belum menemukan titik jelas hubungan keduanya. Mengakibatkan timbulnya banyak permasalahan antara pemerintah nasional (federal) dan pemerintah negara bagian dalam penerjemahan wewenang satu sama lain. Contohnya kasus sengketa Maryland State dengan pemerintah nasional menyangkut didirikannya Second Bank of The United States dengan diberlakukannya pajak oleh Maryland terhadap bank nasional (federal). Isu lain juga yang mengancam eksistensi Union adalah isu perbudakan dan Civil War (perang sipil).

Perkembangan berikutnya adalah dual federalism dan laissez faire Capitalism. Dual federalism adalah doktrin yang berdasar pada ide bahwa diperlukan pemisahan yang tepat antara kekuasaan nasional (federal) dan kekuasaan negara. Doktrin konstitusi menjelaskan bahwa ada area-area tertentu yang menjadi kewenangan masing-masing. Posisi konstitusi ini mengizinkan doktrin laissez faire bahwa bisnis yang besar dan secara luas berada diluar control pemerintah. Juga mengizinkan negara dalam kebijakan publiknya untuk melakukan diskriminasi terhadap kulit hitam. Bentuk federalisme ini muncul pada tahun 1930 lalu.

Didalam area perdagangan, perpajakan, pengeluaran, hak-hak sipil, kebebasan sipil, dan lainnya, pemerintahan federal saat ini memiliki peranan penting, salah satunya adalah konsekuensi yang tidak dapat dihindari dari meningkatnya kompleksitas masyarakat Amerika dan saling ketergantungan antara masyarakat, negara dan pemerintahan lokal bekerja bersama-sama untuk mengatasi masalah negara, situasi yang demikian disebut sebagai federalisme kooperatif. Adanya bantuan dari Washington kepada negara bagian dan pemerintah lokal telah menjadi instrument utama dari pengaruh nasional (pemerintah federasi). Negara bagian dan pemerintah daerah telah menerima jutaan bantuan federasi, dalam menerima bantuan tersebut, mereka juga telah menerima pembatasan penggunaan kekuasaan federasi dan prioritas kebijakan nasional yang mendasari pemberian bantuan.

Menurut saya, mengapa pada awal pembentukan federalisme ini banyak sekali menghadapi tantangan dikarenakan kebanyakan orang mengembalikan hal ini kepada dasar terbentuknya negara mereka yakni Liberal, equal dan pursuit of happiness. Pahaman inilah yang mungkin menjadi factor utama mengapa pertentangan tersebut tidak ada habisnya. Negara menginginkan kedaulatan sepenuhnya tanpa campur tangan dari pihak manapun. Dengan dibentuknya negara sebagai sebuah federasi dimana terbagi menjadi dua kedaulatan yakni pemerintah federasi dan pemerintah negara bagian, memang benar ketakutannya adalah adanya indikasi pemerintahan nasional (federasi) yang terlalu kuat sehingga melemahkan posisi bagi negara-negara bagian dan membatasi ruang gerak mereka. Hal ini terlihat dari perdebatan antara para anti federalis dan pro federal. Ketika anti federal mengatakan bahwa hanya pemerintahan di negara sendirilah yang bisa yang bisa melindungi dan mengetahui betul kondisi di negaranya. Ketakutan akan dominasi dan intervensi yang terlalu besar oleh negara federasi ke dalam urusan negara bagian. Sedangkan para pro federalis mengatakan bahwa pemerintahan federal tidak memiliki kepentingan untuk melemahkan negara bagian. Akan tetapi, pada kenyataannya banyak kebijakan-kebijakan yang overlap atau saling tumpang tindih dan saling mengklaim kewenangan antara pemerintahan federasi dan pemerintahan negara bagian. Salah satu contoh ketidakpuasan ini terjadi dengan dideklarasikannya doktrin “null and void” sebagai salah satu cara melawan pemerintah federasi.

Federasi di Amerika saat ini, dalam prosesnya membawa banyak kebaikan yang bermanfaat bagi para negara bagian. Adanya pemisahan kekuasaan yang jelas antara pemerintah negara bagian dan federasi membuat perjalanan perpolitikan Amerika Serikat menjadi stabil. Negara bagian juga dengan leluasa melaksanakan kebijakan-kebijakan didalam negerinya sendiri sedangkan urusan diluar pemerintahan nasional ditangani oleh pemerintah federasi. Kekhawatiran bahwa pemerintah federasi yang mendominasi memang terjadi akan tetapi negara bagian tetap diberikan kewenangan sepenuhnya untuk mengatur negaranya berdasar pada pernyataan bahwa negara sendirilah yang mengetahui seluk beluk dan permasalahn rakyatnya. Mereka bebas berkreasi untuk memajukan negaranya dan kemudian tercipta suatu kesatuan (United) yang kuat. Melihat kemajuan dari negara-negara bagian Amerika Serikat saat ini, saya pikir federalisme memang solusi yang tepat untuk satu kesatuan negara yang menganut paham Liberal ini meskipun masih banyak pertentangan yang berlangsung antara berbagai bidang apakah harus ditangani oleh pemerintah federal atau pemerintah negara bagian salah satu contohnya adalah bidang pendidikan.

 

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s