Pasifik Barat Daya: Berlian Bagi Amerika!

Negara-negara di Pasifik Barat Daya pada umumnya adalah negara kepulauan yang berukuran kecil, berpenduduk sedikit terkecuali Papua New Guinea, memiliki pemerintahan dengan manajemen yang kurang baik, serta sebagian besar masih menjadi koloni negara-negara lain dimana, mereka sangat bergantung pada negara yang menjajahnya dulu. Salah satunya adalah French Caledonia, yang merupakan koloni Perancis hingga saat ini. Sejak tahun 1980-an, kawasan ini mulai menjadi perhatian dunia salah satunya AS. Apa yang menjadikan kawasan ini sebagai kawasan yang menarik perhatian Amerika Serikat? Dan apa kepentingan dibalik perhatian tersebut?. Pertanyaan inilah yang mendasari penulisan ini.

Secara geografis, letak Pasifik barat Daya ini sama persis dengan letak kepualauan negara kita. Dipisahkan oleh lautan yang menjadi sumber devisa yang cukup signifikan seperti dari segi pariwisatanya yang masih sangat natural, hasil alamnya yang kemungkinan besar terkandung adalah minyak bumi, lautpun bisa dijadikan sebagai wilayah pertahanan dan keamanan. Kondisi geografis Pasifik barat Daya yang dimana didalamnya memiliki kandungan Sumber Daya Alam merupakan factor yang sangat penting dan mencari incaran setiap negara industry di era ini untuk mengembangkan perekonomian mereka, salah satu negara yang memiliki ambisi besar dikawasan ini adalah Amerika Serikat. Ini dibuktikan dengan terjadinya eksploitasi Sumber Daya Alam oleh negara-negara maju pada Phosporus di Kepulauan Nauru. Sumber daya alam lainnya yang mereka miliki seperti tembaga di Papua Nugini, fosfat di Nauru dan Kiribati serta Nikel di New Caledonia. Sudah sangat jelas mengapa negara-negara adidaya tidak berdiam diri dalam merespon kawasan yang jelas-jelas menggiurkan ini.

Menteri Luar Negeri AS, Hilary Clinton dalam konferensi pers yang membahas tentang penguatan kerjasama dengan kawasan Asia Pasifik, mengatakan bahwa:

“ Dan dimanapun kami pergi, kami akan mengangkat seperangkat tujuan utama yaitu: untuk mempertahankan dan memperkuat kepemimpinan Amerika di kawasan Asia-Pasifik, meningkatkan keamanan, memajukan kemakmuran, serta mempromosikan nilai-nilai yang kita miliki”.

Inti daripada kalimat Menlu AS ini adalah: pertama, membentuk masa depan ekonomi Asia-Pasific; kedua, menjamin keamanan regional; dan ketiga, mendukung lembaga demokrasi yang lebih kuat dan penyebaran nilai-nilai kemanusiaan yang universal yang dipegang teguh oleh mereka bangsa Amerika. Hilary juga mengatakan bahwa AS juga akan memperluas kerjasama dengan pihak angkatan laut India di wilayah Pasifik, karena memahami betapa pentingnya wilayah laut Indo-Pasifik bagi perdagangan dan niaga global.

Dalam sudut pandang politik, Negara-negara PBD memiliki hak suara di PBB sehingga dalam pengambilan keputusan, yang notabene negara-negara ini berkiblat pada AS, suara mereka akan selalu condong mendukung AS. Dan inilah kesempatan emas bagi Amerika Serikat untuk melancarkan kebijakan-kebijakan menyesatkan mereka.

Sudut pandang berikutnya adalah mengenai pengayaan nulir. Negara-negara yang merupakan bekas jajahan ini sebagian besar masih bergantung pada negara penjajahnya. Jika kita melihat dari segi interdependensinya, maka negara-negara kepulauan di kawasan ini memiliki ketergantungan kuat dari negara yang pernah menjajahnya. Dari sisi ekonominya, negara-negara di kawasan ini sangat lemah dan terus bergantung sehingga sisi inilah yang kemudian di gunakan sebagai titik lemah untuk memudahkan penyebaran pengaruh, misalnya dilihat dari Bargaining position negara kepulauannya yang lemah juga mendukung berlangsungnya hegemoni negara liberal seperti Prancis, Amerika Serikat, dan Inggris di kawasan ini. Ketergantungan ini tidak serta merta menjadikan negara liberal tersebut murni membantu pertumbuhan ekonomi pembangunan di negara kawasan pasifik, namun terdapat nilai tukar yang harus diberikan negara di kawasan pasifik bagi negara liberal. Asumsi ini berkembang melihat fakta bahwa isu hangat yang berkembang yaitu uji coba nuklir yang berlangsung di negara kawasan Pasifik Barat Daya ini. Salah satu contoh yang menjelaskan keadaan dan situasi ini adalah Republik Marshal Islands, adalah negara yang menjadi salah satu korban negara Adidaya Amerika Serikat atas kontaminasi bahan radioaktif.

Secara umum, mengapa negara-negara kawasan ini dengan mudah menyepakati pelaksanaan daerah uji coba nuklir itu karena itulah menjadi nilai barter dari logika ekonomi sederhana seperti yang telah dijelaskan di paragraf sebelumnya. Ketika negara-negara maju dengan mudahnya memberikan bantuan dari segala bidang, maka akan ada kepentingan yang juga dibawa oleh negara maju dengan bantuan tersebut.  French Caledonia adalah salah satu diantara banyak negara Pasifik Selatan yang masih sangat ketergantungan dengan bantuan asing termasuk dari Eropa dan sejumlah negara lainnya. Ketergantungan dan kolonisasi yang terjadi bukanlah tanpa alasan. Hal ini berkaitan dengan keberadaan uji coba nuklir di sejumlah negara-pulau tersebut. Gambarkan saja dalam segi pertahanan keamanan. Negara-negara pasifik barat daya di jadikan sebagai lahan uji coba nuklir yang kemudian akan mengundang pro-kontra dari masyarakat dunia. Masyarakat dunia tidak bisa melakukan intervensi terhadap negara-negara pasifik barat daya ketika mereka memperbolehkan pelaksanaannya karena perjanjian itu di latar belakangi oleh pertukaran kepentingan yang di dominasi oleh kepentingan negara-negara maju.

Ada sebagian negara yang berusaha mengembangkan nuklir melalui proyek-proyek uji coba. Dengan serangkaian proyek uji coba tersebut, negara-negara yang beberapa di antaranya merupakan negara Eropa dan anggota NATO, ingin mencoba mengembangkannya dengan mengadakan uji coba di tempat-tempat yang terpencil dan jauh dari peradaban manusia. Salah satu kawasan favorit para ilmuwan dan negara yang mengadakan uji coba adalah di beberapa pulau di kawasan Pasifik Selatan.

Kawasan ini juga sangat rentan terhadap kasus penyelundupan manusia, penyebaran aksi terorisme, kejahatan internasional yang lain akan banyak memanfaatkan dimensi laut, terutama di negara-negara yang kemampuan patroli dan pengawasan wilayah lautnya sangat lemah. Bahkan ada kaitan yang erat antara terorisme, separatisme, dan terorisme internasional dengan memanfaatkan atau mengeksploitasi jalur-jalur laut. Dimana keseluruhan hal diatas merupakan isu-isu yang menjadi perhatian utama Amerika Serikat untuk menjaga keamanan dunia demi mempertahankan eksistensinya sebagai satu-satunya negara hegemon.

Kemajuan Cina juga menjadi factor penting bagi kepentingan AS di Pasifik Barat Daya. Kompetisi dengan China ini menjadikan AS sedikit paranoid, karena ditakutkan bahwa akan terjadi efek domino terhadap negara-negara yang rentan ini dan kemudian jatuh kepada tangan-tangan musuh Amerika.  Kekuatan saat ini yang dimiliki China dengan kekuatan ekonominya semakin merajalela disetiap belahan dunia. Ancaman akan hal ini ditakutkan oleh AS merembes kepada Kawasan Asia dan Pasifik yang merupakan kawasan emas bagi Amerika. Dalam hal inilah Pasifik harus tetap dalam penjagaan Amerika Serikat demi mempertahankan agar kekuatan Cina bisa dibatasi.

Amerika Serikat tidak akan melepaskan pengaruhnya dinegara asia pasifik terutama Pasifik Barat Daya. Ini tercermin dalam kebijakan yang tertuang pada agenda strategis AS dikawasan ini yakni:

  1. Mencegah dikuasainya kawasan Asia Pasifik, baik secara politik maupun militer, oleh negara atau kelompok negara tertentu.
  2. Memelihara akses ekonomi dan politik Amerika untuk memperoleh sumberdaya, pasar, dan jalur lalu-lintas di kawasan tersebut, memperkuat daua saing di Pasifik dan mempertahankan peranan sebagai aktor ekonomi utama.
  3. Membantu menjaga keamanan sekutu dan sahabat-sahabat Amerika di kawasan.
  4. Mendorong berkembangnya institusi-institusi demokrasi, pemilihan umum yang bebas, penentuan nasib sendiri, kemerdekaan politik di seluruh kawasan Asia Pasifik, semuanya berdasarkan atas prinsip-prinsip kemanusiaan, tradisi politik Amerka, dan kepentingan Amerika akan dunia yang lebih aman.

Demikianlah, mengapa Amerika Serikat mengarahkan terus pandangannya pada kawasan ini. Semoga suatu saat nanti akan ada gerakan yang dapat membebaskan kawasan ini keluar dari sarang  ular yang mematikan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s