VOLUNTEERING: A way of Life

Image

Manusia hidup di muka bumi ini, memiliki berbagai fungsi, bagi dirinya, bagi keluarganya, bagi masyarakatnya, bagi bangsanya, bagi dunia dan bagi alam sekitarnya. Akan tetapi, saat ini, tidak jarang juga kita melihat orang-orang yang terasing dengan dirinya sendiri dan lingkungannya. Hal ini dikarenakan kesibukan aktivitas yang mereka lakukan membuatnya jarang berinteraksi dengan orang-orang disekitarnya. Adapun interaksi yang terjadi adalah interaksi mekanistis, dikarenakan tuntutan aktivitas mereka yang menuntut mereka untuk berkomunikasi satu sama lain. Mereka juga menghabiskan waktunya untuk melakukan aktivitas yang sama setiap harinya. Sungguh, sebuah keterasingan yang nyata.

Dalam hidup ini, ada banyak hal yang bisa kau pilih sebagai pilihan hidupmu. Bisa saja kau memilih untuk menjadi seseorang seperti yang saya sebutkan diatas, tapi bisa saja kau mendedikasikan hidupmu pada orang banyak. Itu pilihanmu. Dan volunteering  has become my way of life, an important part of who I am. Hidup ini hanya sekali. Paling tidak dengan hidup yang hanya sekali ini, saya bisa melakukan sesuatu yang berguna untuk orang lain meskipun hal itu hal yang kecil. Oleh karena itu, saya bekerja sepanjang waktu dan mendedikasikan hidup saya to a community where everyone cares for each other and for the Earth. Saya rasa, setiap volunteer pasti memiliki alasan fundamental ini sebelum memilih jalan volunteering.

So, what is volunteering?

Volunteering adalah kegiatan sukarela untuk membantu dan berpartisipasi dalam kegiatan / organisasi yang bergerak dalam pemecahan permasalahan sosial ataupun gerak dalam hal bantuan kemanusiaan. Kegiatan volunteering ini juga tidak terbatas dalam jumlah volunternya. Bagi mereka yang mau dan bersedia untuk meluangkan waktu, usaha, maupun dana mereka, merekalah volunteer. Kegiatan ini juga tidak pernah disponsori.

Yang menarik dari volunteer ini, dari pandangan saya sebagai seorang mahasiswa, bahwa lingkungan gerak volunteer ini menjadi tempat praktek pengetahuan-pengetahuan yang telah didapatkan selama dibangku perkuliahan. We carry a mindset that the skills we possess can and should be used to help others. Misalnya saja, mereka-mereka yang lulusan engineering, bisa membuatkan sepeda bagi anak-anak penyandang cacat. Sehingga apa yang telah kita dapatkan dibangku perkuliahan bisa langsung dipraktekkan dan berguna bagi orang lain. Selain sebagai tempat praktek, we also learn how to communicate effectively, improvise when situations do not go according to plan, and be flexible when working with others – experiences that are invaluable to our future careers.

Dan tanpa kau sadari, setelah lama bergelut dalam dunia ini, kau akan menjadi kecanduan untuk terus melakukannya. Dan sedikit banyaknya akan merubah hidupmu. Dalam kegiatan ini, kau akan mendapatkan lingkungan baru dengan aktivitas baru juga, kau akan bisa melihat jauh lebih dalam mengenai permasalahan sosial yang terjadi dan ikut terjun langsung untuk mengatasinya. Kau akan merasakan saat-saat dimana tidak ada gap yang memisahkan status sosial, kau akan merasa memiliki keluarga besar yang harus dilindungi, dan kau akan merasa jadi manusia yang sebenarnya. Oleh karena itu, volunteering menjadi way of life bagi saya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s